Tutorial Cara Membuat API Key Google Maps di Google Cloud Platform

Tutorial Cara Membuat API Key untuk Google Maps di Google Cloud Platform

Halo semuanya, balik lagi ke tools Google Cloud Platform atau yang biasa di singkat GCP. Di artikel ini kita akan melanjutkan seri tutorial GCP. Kalau sebelumnya, kita sudah belajar Cara Membuat Projek di GCP dan Cara Mengaktifkan Library API. Maka di artikel ini kita akan belajar Cara Membuat API Key untuk Library Google Maps di Google Cloud Platform.

Untuk menggunakan layanan Google apapun itu di Android, kita harus membuat API Key atau kita harus membuat beberapa kunci unik untuk menggunakan layanan yang disediakan oleh Google. Jadi, Maps adalah salah satu layanan terkenal dan yang paling banyak digunakan yang disediakan oleh Google. Maps dapat dilihat di setiap aplikasi yang disediakan oleh Google.

Jadi dalam artikel ini, kita akan melihat proses pembuatan API Key untuk menggunakan Google Maps.

Tutorial Cara Membuat API Key untuk Google Maps di Google Cloud Platform

Sebelum kita memulai tutorial dibawah ini, pastikan kalian sudah pernah membuat projek pada GCP dan sudah pernah mengaktifkan library api. Kalian bisa klik pada artikel dibawah ini untuk mempelajari kedua hal tersebut.

Tutorial Cara Membuat Projek di GCP

Tutorial Cara Mengaktifkan Library API di GCP

Jika kalian sudah mempelajari dan mempraktekannya, sekarang kalian sudah bisa mengikuti tutorial dibawah ini.

Langkah 1: Library API Aktif

Sebelum kita menggunakan API Key di GCP, cek terlebih dahulu apakah library yang ingin kita gunakan sudah aktif dengan cara klik tombol yang berada pada kiri atas, lalu pilih APIs and Services>Library. Pilih Library Maps SDK for Android. Jika library sudah aktif, maka akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 2: Membuat API Key

Jika sudah, kalian buka menu dengan cara klik logo yang berada di kiri atas, lalu kalian pilih APIs and services>Credentials seperti pada gambar dibawah ini.

Maka secara otomatis website akan menampilkan halaman Credentials. Klik tombol + CREATE CREDENTIALS lalu kalian pilih API key seperti pada gambar dibawah ini.

GCP akan menampilkan informasi bahwa API key sudah berhasil dibuat. Sekarang kalian klik tombol RESTRICT KEY seperti pada gambar dibawah ini.

Langkah 3: Konfigurasi

Setelah kalian mengklik RESTRICT KEY, maka GCP akan menampilkan halaman yang dimana kalian bisa mengubah nama api key yang telah kalian buat dan bisa mengkonfigurasi api key tersebut. Pada kolom Name* kalian ubah menjadi “Google Maps API Key”, Lalu pada Application restrictions kalian pilih Android apps seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah kalian memilih Android apps, maka akan muncul kolom yang dimana kalian harus menambahkan aplikasi kalian. Kalian klik ADD AN ITEM seperti pada gambar dibawah ini.

Jika kalian mengklik tersebut, maka akan menampilkan dua kolom yang berisikan Package name dan SHA-1 certificate fingerprint seperti pada gambar dibawah ini.

Kalian diwajibkan untuk mengisi kolom tersebut. Kalian bisa mendapatkan package name dari projek kalian dengan cara mengikuti tutorial pada link dibawah ini.

Dan untuk mendapatkan SHA-1 certificate fingerprint, kalian bisa mengikuti tutorialnya pada link dibawah ini.

Jika kalian sudah mendapatkan semua itu, klik tombol DONE seperti pada gambar dibawah ini.

Pada bagian API restrictions, kalian pilih Restrict key seperti pada gambar dibawah ini.

Setelah kalian pilih pada bagian tersebut, maka kalian diwajibkan untuk memilih API, klik menu dropdown yang ditampilkan seperti pada gambar dibawah ini.

Cari library Maps SDK for Android. ceklis pada library tersebut, lalu pilih OK seperti pada gambar dibawah ini.

Jika sudah, klik tombol SAVE.

Kalian akan diarahkan kembali ke halaman Credentials namun sudah menampilkan API Key yang sudah bisa digunakan.

Selamat, pada tahap ini kalian sudah berhasil membuat API Key untuk Google Maps di Google Cloud Platform.

AKHIR KATA

Itulah tadi tutorial Cara Membuat API Key untuk Google Maps di Google Cloud Platform. Langkah-langkah diatas cukup lumayan susah, namun jika kalian sudah sering melakukannya, maka kalian akan terbiasa dan mudah untuk melakukannya. Itulah kenapa saya bilang diatas tadi bahwa ui design dari layanan ini dibuat sangat profesional.

Exit mobile version