Belajar Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Pemula

Halo programmer pemula. Untuk menjadi seorang master pada suatu bidangnya, kalian harus lebih dahulu memahami dasar. Seperti pada halaman ini kalian akan belajar tentang bahasa program Kotlin untuk Pemula agar kalian bisa menjadi seorang master. Tapi sebelum kita ke modul, saya akan menjelaskan sedikit tentang Bahasa Pemrograman ini.

Dikutip dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kotlin_(bahasa_pemrograman)

Kotlin adalah sebuah bahasa pemrograman dengan pengetikan statis yang berjalan pada Mesin Virtual Java ataupun menggunakan kompiler LLVM yang dapat pula dikompilasikan kedalam bentuk kode sumber JavaScript. Pengembang utamanya berasal dari tim programer dari JetBrains yang bermarkas di Rusia. Meskipun sintaksisnya tidak kompatibel dengan bahasa Java, Kotlin didesain untuk dapat bekerja sama dengan kode bahasa Java dan bergantung kepada kode bahasa Java dari Kelas Pustaka Java yang ada, seperti berbagai framework Java yang ada. Tim Pengembang memutuskan menamakannya Kotlin dengan mengambil nama dari sebuah pulau di Rusia, sebagaimana Java yang mengambil nama dari pulau Jawa di Indonesia. Setelah Google mengumumkan bahwa Kotlin menjadi bahasa kelas satu bagi Android, maka bersama Java dan C++, Kotlin menjadi bahasa resmi untuk pengembangan aplikasi-aplikasi Android.

Kelebihan

  • Concise : Kotlin mampu mengurangi boilerplate of code atau tingkat kerumitan dari kode yang biasa kita tulis, ketika menggunakan bahasa Java
  • Safe : Kotlin mampu menjamin bahwa setiap syntax yang kita tulis secara proses kompilasi dapat mencegah kemungkinan terjadinya error, misalnya mampu mencegah terjadinya NullPointerExceptions ketika kita codingmenggunakan bahasa Java
  • Versatile : Kotlin sejatinya sama seperti Java, karena memang kotlin itu sendiri di turunkan dari bahasa induknya, yaitu Java. Sehingga kotlin juga dapat di pakai dalam pengembangan aplikasi di Web maupun Mobile
  • Interoperable : Kotlin tidak sama seperti bahasa Java turunan lainnya (misal; Scala ataupun Clojure) yang tidak dapat dijalankan bersamaan dengan kode yang kita tulis menggunakan Java. Kotlin mampu membaca kode lama atau library yang kita gunakan atau kita tulis dengan bahasa Java dan begitupun sebaliknya

Materi Dasar Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Pemula

Disini kita akan belajar dasar-dasar pemrograman kotlin untuk pemula, materi yang akan kita bahas terbagi menjadi beberapa kategori seperti Basic, Operator, Looping, Handling, Struktur Data, dsb. Sudah saya jelaskan diatas mengenai kenapa kita harus belajar pemrograman kotlin dan bermigrasi dari java ke kotlin.

Tutorial ini cocok bagi kamu yang sedang bergelut di pemrograman java, karena syntax pada pemrograman kotlin tidak beda jauh dengan java dan dapat kita compile dari java ke kotlin tanpa harus menulis kodenya dari awal.

Persiapan

Disini akan dijelaskan tentang tools yang digunakan untuk belajar pemrograman Kotlin.

  • Cara Download Dan Install Aplikasi Intellij IDEA

Basic

Disini menjeaskan cara membuat project baru pada IntelliJ IDEA serta pengenalan syntax dasar pemrograman kotlin

  • Tutorial Dasar Pemrograman Kotlin

Looping

Disini menjeaskan keyword-keyword yang digunakan untuk membuat sistem perulangan, seperti whie, do-whie, for loops pada Kotlin.

  • Looping (Perulangan) Kotlin: while, do-while, dan for-loops

Struktur Data

Disini menjeaskan penggunaan Struktur Data pada Kotlin, yaitu sebuah variable yang dapat menyimpan bebrapa data sekaligus seperti Array, ArrayList, HashMap, HashSet, dsb.

  • Belajar Cara Menggunakan Map dan HashMap pada Kotlin
  • Belajar Cara Menggunakan Set dan HashSet pada Kotlin

Handing

Disini menjeaskan apa itu Null Safety dan bagaimana cara menggunakannya didalam bahasa pemrograman kotlin

  • NullPointerException Pada Pemrograman Kotlin

Input & Output Data

Disini menjeaskan tutorial mengenai input dan output data menggunakan fungsi readLine(), BufferedReader(), dan Scanner().

  • Tutorial Input dan Output Pemrograman Kotlin

Control Flow

Control Flow digunakan untuk percabangan atau pengkodisian pada kotlin.

  • Percabangan Kotlin : if, if-else, if-else-if dan when (switch)

Tutorial Lainnya

  • Belajar Pemrograman Android Menggunakan Kotlin
  • Membuat Fast Loading Webview Menggunakan Kotlin
  • Belajar Menggunakan Fungsi apply dan copy di Kotlin

AKHIR KATA

Itulah tadi Modul Belajar Bahasa Pemrograman Kotlin Untuk Pemula. Modul diatas akan selalu ditambah dan terus di update sepanjang waktu karena mengingat bahwa bahasa pemrograman ini tidak akan mati.

Jika kalian kurang paham pada modul diatas, silahkan komentar dibawah. Jangan lupa juga untuk subscribe Channel YouTube Android Rion agar bisa mendapatkan video tutorialnya. Semoga artikel ini bisa membantu kalian semua. terima kasih. 😊

Welcome Back!

Login to your account below

Create New Account!

Fill the forms below to register

Dengan mendaftar ke situs web kami, Anda menyetujui Kebijakan Privasi.

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?